O2SN SD dan SMP Padang

20160422173739

Pelaksanaan O2SN SD Kota Padang meriah

Olimpiade Olahraga dan Siswa Nasional (O2SN) tingkat kota Padang dilaksanakan tanggal 21 dan 22 April 2016 di Gedung Bagindo Azizchan. Tidak seperti tahun lalu, dimana pelaksanaan SD dan SMP jadwalnya sendiri-sendiri.  Barangkali minimnya dana pelaksanaan, untuk Tahun 2016 ini SD dan SMP dilaksanakan satu paket.

Tingkat SMP se Kota Padang mendapat jadwal Kamis 21 April. Sebanyak 20 0rang karateka Putra dan 19 orang karate Putri dari SMP Negeri dan Swasta mencoba kebolehannya masing-masing. Amat disayangkan pada even ini kurang terlihat semangat bushido dari karate. Kurangnya antusias dari para karateka ini terlihat dari banyaknya partai yang dinyatakan KIKEN (tidak bisa hadir saat bertanding).

Guru olahraga sebagai pelatih pendamping juga kurang merespon. Apakah mereka kurang mengetahui sistem pertandingan karate, atau lagi sedang tidak semangat. Tidak adanya ekpresi kegembiraan ataupun sedih saat atlet-atlet mereka dinyatakan menang atau kalah.

Suasana ini berbeda dengan penampilan karate cilik dari katagori O2SN SD yang mendapat jatah bertanding Jumat tanggal 22 April 2016 ditempat yang sama. Antusias yang tinggi dari semua lini, baik karate itu sendiri maupun para orang tua dan tidak lupa pula dukungan para suporter cilik dari sekolah asal atlet.

Seyogyanya semua potensi memberikan dukungan pada duta-duta cilik ini, agar mereka menjadi cikal sebagai atlet prestasi dimasa datang. Pembinaan atlet usia dini tanggungjawabnya bukan terletak pada satu orang saja. Dukungan dari orangtua dan manyarakat juga mempunyai peran penting, sehingga pemerintah sebagai leading sektor dalam pembiaan generasi muda melalui olahraga akan sukses.

Hasil pertandingan O2SN SD Putri sbb :

KATEGORINAMAKATAKUMITEJUMLAHRANGKING
O2SN SD PA
Pinto Mande10313JUARA I
O2SN SD PAFadli Sepriadi 5712JUARA II
O2SN SD PAIbrahim Razaq707JUARA III
O2SN SD PIAyu Azniar Hia10717JUARA I
O2SN SD PIPutri Raysa Z538JUARA II
O2SN SD PIMiftahul Jannah707JUARA III
O2SN SMP PAAldrich Al Rika 10515JUARA I
O2SN SMP PAFebria Nanda7310JUARA II
O2SN SMP PADzawan Prima A077JUARA III
O2SN SMP PINadia Sahira10717JUARA I
O2SN SMP PIMelda Yulianis707JUARA II
O2SN SMP PIKhairani505JUARA III

Sahurman, S.Sos sebagai Sekretaris FORKI Padang berpendapat, Setelah ini kita akan mengadakan coaching clinik kepada para guru-guru olahraga tentang karate, agar para guru ini juga mempunyai bekal yang cukup untuk memenej atletnya menjadi sang juara. Karena tidak semua guru olahraga yang mendampingi atlet di lapangan karateka – KRM